Indonesia Kampiun AFC E-Sport Asia 2023

Selasa, 6 Februari 2024

Penulis: Faruq Bytheway

image-berita
Foto: Timnas E-Sport Indonesia (instagram/theindonesiafootball).

Olahraga - Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses menjadi kampiun AFC eAsian Cup 2023 usai menumbangkan Jepang di final. 

Sebelumnya, Indonesia maju ke final usai menyingkirkan Thailand di semifinal, Senin (5/2).

Tim Indonesia, yang diperkuat Rizky Faidan, Elga Cahaya Putra, dan Akbar Paudie menang 1-0 dan 2-1, dalam pertandingan bersistem best of three. 

Di laga final, indonesia harus menghadapi Jepang, yang di laga sebelumnya berhasil menekuk Arab Saudi dengan skor 1-0 sebanyak dua kali dari dua laga. 

Final kemudian digelar di Virtuocity esport Arena, Doha, Qatar, Senin (5/2) malam waktu setempat. 

Di laga final Indonesia vs Jepang berjalan sengit. Di gim pertama, Indonesia vs Jepang sempat imbang 1-1, sebelum babak tos-tosan dilakukan. 

Sementara di gim kedua, Timnas Indonesia bisa menang 1-0 atas Jepang. Hasil itu membuat Indonesia menjadi juara AFC eAsian Cup 2023. 

Sebagaimana diketahui, AFC eAsian Cup 2023 sendiri menjadi edisi perdana eSport Piala Asia. Indonesia juga berhasil mencatatkan sejarah dengan menjadi juara pertama di ajang berbasis game tersebut.

Sejak awal turnamen, laju Indonesia cukup mulus di AFC eAsian Cup 2023. Indonesia hanya sekali kalah sejak awal. 

Perjalanan di AFC eAsian Cup 2023 

Perjalanan Indonesia bak Spanyol Piala Dunia 2010. Timnas Indonesia hanya menelan satu kali kekalahan sebelum melaju ke babak final. 

Di fase grup misalnya, Timnas Indonesia bisa keluar menjadi juara Grup D mengungguli Jepang. 

Lanjut di babak 16 besar, Indonesia menyingkirkan Korea Selatan, lalu mendepak Uni Emirat Arab di perempatfinal, sebelum mengalahkan Thailand dan Jepang di semifinal dan final.

 

(Frq/Tra)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Timnas Indonesia Kampiun E-Sport,