Helm Merek Lokal Digunakan di MotoGP 2024

Senin, 11 Maret 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: MotoGP 2024 (Instagram/@motogp)

Otomotif - Di ajang balap paling bergengsi, MotoGP, tentunya keselamatan para pebalap menjadi prioritas utama.

Hal itu membuat baju balap dan helm menjadi dua perangkat yang wajib dikenakan untuk melindungi tubuh dan kepala para pembalap saat terjadi kecelakaan. 

Sehubung dengan hal tersebut, terdapat kabar gembira untuk Indonesia, lho. Kira-kira apa ya? Yuk simak infonya!

Pada MotoGP 2024, ternyata merek helm lokal yaitu KYT telah terpilih menemani beberapa pembalap di lintasan balap nanti.

Saat ini, termasuk KYT, terdapat 10 merek helm yang telah eksis di MotoGP, lho.

Dalam penggunaan helm, setiap pembalap MotoGP wajib menggunakan yang telah di homologasi oleh FIM (FIM Racing Homologation for Helmets/FRHP).

Standar helm FIM telah mengalami evaluasi untuk memastikan perlindungan terhadap dampak linier kecepatan rendah, sedang, dan tinggi, dampak asing, serta penetrasi.

Dengan demikian, helm berhomologasi FIM memiliki standar yang lebih tinggi daripada standar internasional seperti ECE, Snell, dan JIS.

Selain itu, karena telah terhomologasi FIM, maka setiap helm yang digunakan oleh pebalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 akan dilengkapi dengan label Homologasi FIM. 

Label ini memuat informasi tentang fitur helm dan validitas homologasi yang dapat diakses melalui pemindai QR Code yang terdapat di label tersebut.

Beberapa pebalap MotoGP yang menggunakan helm dari merek lokal, KYT, antara lain Augusto Fernandez dan Enea Bastianini. 

Jadi, dengan menggunakannya, dapat dikatakan bahwa mereka telah mempercayakan keselamatannya pada produk-produk berkualitas dari Indonesia.

Oleh karena itu, sobat youtz wajib berbangga karena memiliki cukup banyak produk yang berhasil mendunia. Bahkan produk-produk tersebut juga terkenal di masyarakat negara lain. 


(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
otomotif helm motogp 2024 KYT