Bersama Indonesia Emas Mengabdi Chapter #1 Lombok: Sejuta Aksi, Satu Komitmen

Senin, 27 Mei 2024

Penulis: Nur Rizka Salsabila

image-berita
Foto: Indonesia Emas Mengabdi (Live Streaming Instargram @emasmengabdi.id).

Edukasi - Sobat Youtz, siapa nih yang suka ikut volunteer dan pengabdi masyarakat? Nah buat kalian yang suka ikut volunteer atau pengabdian bisa banget buat daftar di program Indonesia Emas Mengabdi atau IEM. 

Kenapa Sobat perlu ikut? Karena Indonesia Emas Mengabdi ini merupakan program berskala nasional loh, program ini  juga diinisiasi oleh Youtz Media. 

Program IEM ini akan di selenggarakan pada tanggal 10-18 Agustus 2024, di daerah Lombok Utara tepatnya di desa Bayan dan desa Senaru.  

Sebagaimana diketahui, kedua desa tersebut merupakan wilayah 3T. Pada tahun 2018 desa Bayan dan desa Senaru menjadi wilayah yang terdampak gempa.

Gempa yang terjadi kurang lebih 6 tahun yang lalu masih meninggalkan dampak yang cukup parah khususnya di bidang pendidikan. 

Oleh karena itu, IEM ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan yang bekerjasama dengan perangkat desa dan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis. 

Program yang dirancang, juga diharapkan mampu menjadi program yang berkelanjutan nantinya. 

Fajri Maulana sekalu Project Leader IEM menceritakan bahwa ini adalah pengalaman pertamanya dalam membuat sebuah projek pengabdian. 

Ia juga bersyukur karena banyak yang mensupport kegiatan pengabdian ini, mulai dari berbagai komunitas, bupati, sampai Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Jujur aku senang banget bisa disupport langsung oleh pemerintah setempat dan ini pengalamanku pertama kalinya menjadi Project Leader dari program ini” ungkapnya saat Live Streaming Instagram.

Bagi Sobat yang mau mendaftar, kalian bisa memilih jalur pendaftaran mulai dari jalur fully funded reguler/premium, partial funded, maupun self funded. 

Adapun untuk jalur fully funded reguler tentunya akan ada beberapa tahapan yang harus dilalui, seperti upload twibbon, follow akun, share ke grup. 

Tapi jangan khawatir buat kalian yang nggak mau ribet, kalian bisa pakai jalur fully funded premium, karena lewat jalur ini proses pendaftaran kalian akan di persingkat, jadi nggak perlu ribet-ribet upload twibbon dan lainnya deh. 

Lebih lanjut, personal Boy Band Unity itu juga menjelaskan, jika kalian dinyatakan lolos seleksi fully funded pastinya kalian akan dibebaskan dari segala bentuk administrasi, karena pihak penyelenggara IEM yang nanti akan mengcover seluruhnya. 

Nah, Sobat Youtz yang baru pertama kali mengikuti kegiatan pengabdian, kalian nggak perlu khawatir nih buat join di IEM ini. 

Tak hanya itu, Fajri mengatakan program ini bersifat umum bagi yang ingin memiliki pengalaman mengabdi dan berkontribusi untuk Indonesia. 

"yang penting punya keinginan dan kemauan untuk belajar dan berkembang, karena nantinya sebelum keberangkatan para peserta pengabdian akan dibekali terlebih dahulu terkait beberapa materi,” tuturnya. 

Sebagai informasi, nanti akan pembagian divisi yang disesuaikan dengan minat atau  bidang  yang kalian pilih saat pendaftaran. 

Pendaftaran IEM ini akan dibuka hingga awal Juni 2024, jadi tunggu apa lagi, Yuk buruan daftar! 


(Nrs/Sha)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Indonesia Emas Mengabdi Volunteer Pengabdian