Back-to-Back, Qatar Juara Piala Asia 2023

Minggu, 11 Februari 2024

Penulis: Alfi Lizan Hassan

image-berita
Foto: Asian Cup Qatar 2023 (Youtube/AFC Asian Cup)

Olahraga - Gelaran Piala Asia 2023 akhirnya usai. Laga tersebut ditutup dengan memastikan kemenangan Tim Nasional (Timnas) Qatar usai mengalahkan Yordania pada pertandingan final yang digelar di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (10/2/2024).

Kemenangan Qatar melawan Yordania diperoleh dengan skor 3-1. Tiga gol Qatar dicetak lewat titik penalti yang dieksekusi oleh Akram Afif masing-masing di menit ke-20, 71 dan 95. Satu gol Yordania dicetak Yazan Al-Naimat pada menit ke-67.

Timnas Qatar menampilkan permainan yang brilian dan solid sepanjang peluit dibunyikan. Tak hanya itu, kedisiplinan taktikal Qatar tetap terjaga, meskipun telah kecolongan satu gol. 

Melalui pertandingan tersebut, Qatar berhasil menyempurnakan status mereka sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 dengan keluar sebagai juara. 

Walaupun begitu, pada gelaran Piala Asia edisi sebelumnya di Uni Emirat Arab, Qatar juga menang dengan skor yang sama 3-1 dilaga final melawan raksasa Asia Timur, Jepang. 

Dengan demikian, timnas Qatar sekali lagi membuktikan diri menjadi penguasa Asia setelah menjuarai Piala Asia 2019.

Selain itu, pemain Qatar, Akram Afif, juga berhasil menjadi bintang setelah menorehkan 3 gol dalam gawang Yordania. Ia memborong dua penghargaan, yakni pemain terbaik dan top skor dengan jumlah torehan delapan gol selama gelaran Piala Asia 2023.

Keberhasilan Qatar juga memberikan inspirasi bagi negara-negara di kawasan tersebut untuk meningkatkan standar sepak bola mereka sendiri dan membuka pintu lebar terhadap potensi baru untuk menciptakan lebih banyak keberhasilan di masa depan. 

Dengan basis yang kuat dan semangat persatuan yang tinggi di antara pemain dan staf pelatih, Qatar telah membuktikan bahwa mereka adalah kekuatan yang harus diperhitungkan dalam dunia sepak bola internasional.


(Alf/Tcn)

Tags

tag_fill_round [#1176] Created with Sketch.
Qatar Timnas Qatar Asian Cup 2023 Juara Asian Cup 2023 Qatar vs Yordania